Rabu, 14 Oktober 2015

Perbedaan Manajer dengan Pemimpin

BISMILLAAHIRRAHMAANIRRAHIIM


TUGAS 2.0 - Ilmu Sosial Dasar 

Manajer adalah pejabat yang bertanggungg jawab atas terselenggaranya aktivitas-aktivitas manajemen agar tujuan unit yang dipimpinnya tercapai dengan menggunakan bantuan orang lain. Sementara itu, Leader adalah orang yang menginspirasi dan memotivasi untuk melakukan yang terbaik dalam bertugas.

Manajer dan pemimpin saling berkaitan satu sama lain. Keduanya saling memerlukan dan melengkapi, dan harus dijaga keseimbangan antara kedua hal tersebut. Jika keseimbangan bergeser, misalnya seorang pemimpin yang sangat jago dalam memotivasi timnya dimana ini adalah fungsi dari kepemimpinan, namun kurang terampil dalam pengawasan yang merupakan salah satu fungsi manajerial, maka yang terjadi adalah aktivitas tim menjadi tak terkendali dan pemimpin tidak tahu sejauh mana tujuan tercapai. Begitu juga, jika seorang manajer sangat fokus kepada pengawasan saja, tanpa mempertimbangkan motivasi anak buahnya, yang akan terjadi anggota tim menjadi stres. Merasa terus diawasi dan tidak dipercaya, dan mereka hanya akan sekadar saja melaksanakan tugas, yang penting sudah dilaksanakan dan diawasi oleh manajer.

Berikut adalah perbedaan antara Manajer dengan pemimpin. 


PEMIMPIN 
  • Berinovasi 
  • Tidak dapat di cetak 
  • Mengembangkan 
  • Memfokuskan pada orang-orang (bawahan) 
  • Menumbuhkan kepercayaan 
  • Memiliki perspektif jangka panjang 
  • Berorientasi pada peluang-peluang masa depan 
  • Menciptakan 
  • Adalah dirinya sendiri 
  • Melakukan hal yang benar 

MANAJER
  •  Mengelola 
  • Dapat di cetak 
  • Memelihara 
  • Memfokuskan pada sistem dan struktur 
  • Mengandalkan kontrol 
  • Berorientasi jangka pendek 
  • Berorientasi pada hasil 
  • Meniru 
  • Seperti tentara yang siap selalu diperintah 
  • Melakukan dengan benar 
Pemimpin melakukan inovasi, sedangkan manajer mengelola.
Ini berarti bahwa seorang leader atau pemimpin adalah orang yang datang dengan ide-ide baru dan menggerakkan seluruh organisasi ke dalam fase berpikir untuk maju. Orang ini harus terus-menerus mengembangkan strategi-strategi dan taktik baru . Dia harus memiliki pengetahuan tentang tren terbaru, penelitian, dan keahlian. Manajer mempertahankan apa yang telah ditetapkan. Orang ini harus mempertahankan kontrol dan mengatasi gangguan dalam organisasi yang mungkin ada

Pemimpin menginspirasi sementara manajer bergantung pada kontrol. Seorang pemimpin adalah seseorang yang menginspirasi orang lain untuk menjadi yang terbaik dan tahu cara yang tepat mengatur tempo serta kecepatan untuk seluruh kelompok. Kepemimpinan adalah bukan apa yang Anda lakukan-tetapi apa yang orang lain lakukan sebagai respon dari Anda. Jika tidak ada yang muncul di barisan Anda, maka Anda bukanlah seorang pemimpin. Sedangkan manajer tugas mereka adalah untuk mempertahankan kontrol atas orang dengan membantu mereka mengembangkan aset mereka sendiri dan mengeluarkan bakat mereka yang terbesar. Untuk melakukan ini secara efektif, Anda harus tahu orang-orang yang bekerja dengan dan memahami kepentingan mereka serta passionnya.

Pemimpin tidak dapat dicetak, manajer bisa dicetak Pada dasarnya seorang untuk melahirkan seorang dengan kepribadian pemimpin butuh waktu seumur hidup. Karena melalui pengalaman dan situasi yang dialamilah seseorang bisa menjadi seorang pemimpin.Sedangkan untuk menciptakan seorang menjadi manajer dapat dilakukan melalui proses training, pembelajaran secara formal dalam unit pendidikan.

Pemimpin melakukan hal yang benar, manajer melakukan dengan benar Seorang pemimpin memanglah menjadi panutan untuk seluruh anggota dalam suatu sistem yang dipimpin nya. Oleh karena itu seorang pemimpin dituntut untuk melakukan sesuatu dengan benar, memilih dengan bijak, menetapkan peraturan-peraturan dengan baik, dan memberi keputusan dengan sebaik-baiknya, untuk dapat ditiru oleh setiap anggota yang dipimpin nya. Sedangkan manajer bertugas untuk melakukan hal yang sudah ditetapkan oleh seorang pemimpin dengan baik sekaligus menjaga setiap anggota agar melakukan tugas nya dengan benar.

Pemimpin dan manajer merupakan salah satu intisari, sumber daya pokok, dan titik sentral dari setiap aktivitas yang terjadi dalam suatu organisasi ataupun perusahaan. Bagaimana kreativitas dan dinamikanya seorang pemimpin atau manajer dalam menjalankan wewenangnya akan sangat menentukan apakah tujuan organisasi atau perusahaan tersebut dapat tercapai atau tidak. Hal yang perlu di tekankan adalah bahwa tidak selamanya manajer buruk dan pemimpin adalah baik. Perlunya kombinasi dan campuran yang tepat di antara keduanya, sangat dibutuhkan dalam organisasi, pada berbagai tingkat jabatan yang berbeda-beda. Sehingga organisasi yang tengah dijalani dapat mencapai tujuannya secara efektif dan efisien.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comments system

Disqus Shortname